tamanjernih TamJer: Waspadai Cacingan Bila Anak Susah Makanhttps://tamanjernih.blogspot.com/

Senin, 18 Februari 2019

Waspadai Cacingan Bila Anak Susah Makan

Umumnya, cacingan ini banyak terjadi pada anak usia sekolah 5-14 tahun, tapi tidak terkecuali balita..
Salah satu kondisi yang rentan menimpa anak-anak yakni cacingan. Anak yang terinfeksi cacingan, bukan hanya memengaruhi pertumbuhan fisik anak, melainkan juga berdampak pada perkembangan kecerdasannya.

salah satu gejala cacingan adalah menurunnya nafsu makan, memang anak usia 2 tahun harus mulai diberikan obat cacing, terlebih pada anak yang susah makan.
Umumnya, cacingan ini banyak terjadi pada anak usia sekolah 5-14 tahun, tapi tidak terkecuali balita. Berdasarkan info dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), gejala umum yang harus dikenali adalah lesu, tidak bersemangat, sering mengantuk, pucat dan kurang gizi. Infeksi cacing berpengaruh terhadap pemasukan, pencernaan, penyerapan, serta pengolahan makanan sehingga berakibat pada hilangnya protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin dalam jumlah besar. Selain itu, dapat menimbulkan anemia, diare dan gangguan respon imun. Anak yang menderita infeksi cacing mempunyai risiko tinggi mengalami gangguan nutrisi dan gangguan tumbuh kembang.

walaupun sebenarnya anak anda bukan tipikal anak yang mudah lesu dan sehari-harinya dia tetap ceria, memang nafsu makannya saja yang berkurang, dan sempat tidak mau makan sama sekali. Jadi alasan nya kenapa memberikan obat cacing, ya siapa tahu bisa buat nafsu makan menjadi lebih baik.

Bicara soal penularan cacing ini, bisanya diakibatkan karena ada kontak dengan tanah, apalagi anak anda sangat suka bermain di halaman, walaupun selalu cuci kaki dan tangan setelahnya, kita juga tetap tidak tahu kalau masih ada bakteri atau kuman yang tersisa. Umumnya memang pemberian obat cacing dapat dimulai sejak anak usia 2 tahun. Hal ini, disebabkan karena pada anak usia 2 tahun biasanya sudah terjadi kontak dengan tanah yang merupakan sumber penularan infeksi cacing
.
Cepat ambil keputusan buat beli obat cacing untuk. Obat ini dapat diminum sebelum dan setelah makan, jadi memang bisa kapan saja. Pemberian obat cacing dapat diulang setiap 6 bulan sekali. Salah satu obat cacing pirantel yang bisa diberikan pada anak hanya dianjurkan 5 mL saja. Dan obat ini berisi 10 mL, yang artinya bisa untuk 2 kali minum (dalam setahun).
Dan apakah ada efeknya? ADA! setelah seminggu mengkonsumsi obat cacing nafsu makan akan berangsur membaik. Biasanya dia makan cuma 2-5 suap tiap porsinya, tapi sekarang sekali makan bisa habis. Terkadang juga sekali makan bisa 1-2 menu.

pada intinya, cacingan bukanlah sesuatu yang sangat mengkhawatirkan, sehingga jangan sampai kesenangan anak bermain di halaman dibatasi karena khawatir mereka terserang cacing, yang penting kita tetap harus jaga kesehatan dan kebersihan anak. Jangan lupa mencuci kaki serta tangan setelah melakukan aktivitas, dan minum obat cacing setiap 6 bulan sekali.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar